Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Anda

Cara dan Tips Meningkatkan Pengunjung Ke Blog Anda

Tidak bisa dipungkiri bahwa kita nge-blog atau membuat website dengan tujuan memberi informasi apa yang kita tulis/sadurkan kepada orang lain sebanyak mungkin. Tapi kenyataan tidak selalu demikian. Mungkin tulisan yang kita anggap sangat baik [persfektif kita] ternyata hampir tidak ada yang mengunjungi. Adakah cara-cara untuk meningkatkan traffic blog/web kita?

Disini saya hanya akan share apa yang telah saya coba lakukan [pengalaman pribadi] untuk meningkatkan traffic blog saya. Mungkin cara/tips saya sedikit berbeda dengan teman-teman yang lain.

Berikut 10  cara meningkatkan traffic blog Anda [esp: wordpress]

1. Pilih topik yang menjadi tendensi/minat orang banyak

Hal ini mirip dengan hukum jual-beli. Apa yang anda jual haruslah disenangi oleh konsumen/pengunjung.
Berikut beberapa topik yang sangat ‘disenangi’ masyarakat Indonesia:

1- topik terhangat saat ini [mis: isu BBM, UU, perang, politik dsb]
2- topik kontroversial [terutama: agama/kepercayaan]
3- lowongan pekerjaan, soal-soal tes CPNS, UN, SPMB
5- Topik khusus [hobi,marketing,tip/triks]
Meskipun topik 1 merupakan topik yang memiliki traffic paling tinggi, saya anjurkan Anda tidak menggunakan cara dan kesempatan itu.
Untuk blogger pemula, sebaiknya Anda berkecimpung pada topik ke-5 dan topik ke-2. Silahkan Anda menganalisa topik terhangat dari persfektif Anda dan minta orang mengomentari pendapat Anda.

2. Konten yang Berkualitas

Khusus topik 2,3,dan 5, sebaiknya Anda menulis dengan mekanisme dengan cara mengutip pendapat minimal dari 2 orang [opini berbeda] mengenai hal tersebut, lalu Anda bandingkan, terus Anda dukung salah satunya serta berikan opini/solusi tambahan dari Anda sendiri.
Jika isi blog Anda tidak bagus untuk selang waktu lama, bisa dipastikan orang [customer] akan enggan mengunjugi blog Anda [karena tidak puas].

3. Update dan tambah terus Informasi

Jika Anda pemula, luangkan waktu 1 minggu 1-3 kali mengupdate tulisan baru. Dengan bertambahnya tulisan baru, statistik blog Anda akan cenderung mengalami peningkatan eksponensial

4. Sering Terlupakan ‘Tag”

Saya pernah melihat banyak blog yang isinya bagus, tapi sayangnya, isi tulisan tersebut tidak disertai keyword/kata kunci atau ‘Tag”.
Pastikan setelah Anda menulis artikel, cantumkan 3-10 Tag yang berhubungan topik Anda.
Misalnya judulnya : Membongkar Tokoh Dibalik Pembunuhan Munir
Maka isilah Tag : kematian munir, pembunuhan munir, hukum, ham, kasus munir, aktivis

5. Link-kan situs Anda ke teman/kenalan/situs lain

Semakin banyak situs anda terhubung [link] dengan situs lain, maka blog Anda akan ‘tersebar’ dimana-mana.
Ada beberapa cara untuk menghubung [link] situs Anda seperti:
– memasukkan komentar Anda pada blog orang lain (yang menampilkan komentar orang lain)
– daftarkan blog Anda pada beberapa situs referensi (social bookmarking) sepertiblogtopsite.com, lintasberita.com, infogue.com dan kirimkan berita Anda [langkah awal]

6. Design dan Layout yang baik

Jika desain dan layout blog/web Anda berantakan/narsis atau  sulit dibaca, bisa dipastikan Anda akan kehilangan pengunjung. Carilah theme yang menarik, sesuai dengan karateristik blog, dan nyaman untuk dibaca [jangan menyilaukan mata].
Masukkanlah aksesoris [gambar, media] yang secukupnya. Jika terlalu banyak media/gambar, maka orang akan kesulitan untuk membuka, sehingga orang bisa langsung meng’close’ dan pindah ke website/blog lain.

7. Tulisan Unik dan Orisinil

Jadikan blog Anda unik yakni Anda menjadi pionir dalam penulisan suatu artikel yang belum tergarap oleh media apapun, baik koran, web ataupun situs lainnya.
Anda bisa menggunakan data statistik ataupun pengolahan data-data dari situs-situs lain, lalu Anda combine, jadikan satu artikel yang benar-benar baru.
Contoh tulisan yang hanya dapat ditemukan di Nusantaranews saja [pionir] :
– Peta Israel ‘dikepung’ Negara-Negara Arab
– 6 Situs Porno yang Paling Banyak diakses di Indonesia
– Taufiq Kemas, Seorang Politikus Busuk?
– BBM 2008 : Naik 1.000.000% Sejak Era Bung Karno

8. Pelajari statistik blog Anda [dashboard wordpress]

Pelajari statistic dan keyword di google search blog Anda.  Apa saja [keyword, link, topik] yang membuat pengunjung ‘singgah’ di blog Anda dan artikel mana saja yang tidak disukai oleh pembaca. [gak perlu sewa konsultan statistik kok… :) ]
Ini akan membantu Anda untuk menentukan tulisan lebih baik di masa akan datang dan Anda dapat memilih ‘tag’ yang efektif.

9. Mintalah Komentar Pengunjung

Sebisa mungkin, setiap artikel anda akhiri dengan suatu statement ataupun pertanyaan yang mengundang pengunjung untuk bertukar pendapat dan memberikan feedback terhadap tulisan Anda. Selain itu, para pembaca akan merasa senang karena [secara tidak langsung] dianggap orang penting. Dari komentar yang masuk, sebaiknya Anda dapat merespons setiap sebagai sebagai mediator [jangan terlalu memihak pendapat Anda sendiri atau orang tertentu, berusaha berlaku Adil]. Jika pengunjung sedikit, Anda dapat merespons semua komentar yang masuk. Kalau banyak…yah selektif saja.

10. Orisinalitas dan Membangun

Dari ke-9 tip/cara di atas, yang tidak kalah pentingnya adalah Orisinalitas.
Pastikan artikel Anda adalah murni tulisan Anda. Jika anda mengutip tulisan orang lain, Anda ‘harus’ mencantumkan sumbernya [referensi situs, nama situs, tanggal situs]. Dan tunjukkan bahwa Anda mengambil tulisan tersebut dari pihak/situs orang tersebut dan menyampaikan apresiasi terhadap situs tersebut.
Sangat disayangkan, jika Anda hanya meng-copy paste artikel orang lain. Yang terjadi, kita tidak akan maju dalam menge-blog [membuat tulisan], namun kita justru maja dalam mem-plagiat. Dan jangan lupa, isilah blog Anda dengan hal-hal positif untuk membangun budaya blog yang etis, kreatfi, inovatif negeri tercinta ini.

Masih ada banyak lagi cara-cara yang dapat kita gunakan untuk meningkatkan trafik blog kita. Semoga dengan 10 cara/langkah yang saya sampaikan ini, blog Anda akan tumbuh pesat.
Selamat Mencoba, dan sampaikan saran/pesan apakah Anda berhasil mempraktikkannya.
Sukses Selalu, Blogger Indonesia.

 

About jaya safrudin

mengutamakan pendidikan karena Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

Posted on January 30, 2011, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: