Flashdisk – USB flash drive

USB flash drive atau yg lebih dikenal dengan sebutan flashdisk  adalah alat penyimpanan data memori kilat tipe NAND yang memiliki alat penghubung USByang terintegrasi. Penggerak kilat ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah. Per November 2006, kapasitas yang tersedia untuk penggerak kilat USB ada dari 64 megabita sampai 512 gigabita. Besarnya kapasitas media ini tergantung dari teknologi memori kilat yang digunakan.

Penggerak kilat USB memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat penyimpanan data lainnya, khususnya cakram flopi atau cakram padat. Alat ini lebih cepat, kecil, dengan kapasitas lebih besar, serta lebih dapat diandalkan (karena tidak memiliki bagian yang bergerak) daripada disket.

Namun Penggerak kilat USB juga memiliki umur penyimpanan data yang singkat, biasanya ketahanan data pada Penggerak kilat USB rata-rata 5 tahun. Ini disebabkan oleh memori kilat yang digunakan tidak bertahan lama. Bandingkan dengan cakram keras yang memiliki ketahanan data hingga 12 tahun, CD/DVD berkualitas (dan bermerek terkenal) selama 15 tahun jika cara penyimpanannya benar.

  Cara Merawat Falshdisk

  • berhati-hatilah dalam merawat flashdisk angan sampai terjatuh apalagi dibanting ataupun terkena benturan keras. karena jika terjatuh dari ketinggina tertentu dapat menyebabkan kerusakan pada system didalamnya dan komponen didalamnya.
  • usahakan agar selalu terjaga di tempat yg bersuhu stabil yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. terkena sinar matahari secara langsung juga tidak baik karena suhu panas matahari memungkinkan rusaknya bagian dalam flashdisk.
  • hindari kontak langsung dengan cairan seperti air dan zat kimia yang berbahaya. kecuali flasdisk memang tahan air dan bergaransi.
  • jauhkan flashdisk anda dari beberapa benda bermagnet seperti speaker, dinamo dan beberapa alat elektronik.  berdekatan dengan medan magnet akan dapat mengganggu sistem penyimpanan pada flashdisk.
  • biasakan agar menutup bagian kepala utama flashdisk agar terhindar dari debu dan kotoran.
  • karena bentuknya kecil kemungkinan hilang agak besar, jadi disarankan agr menyimpan ditempat aman dan terjaga serta agar selalu diingat dalam menempatkannya.
  • lakukan pemindaian atau scan virus setelah digunakan pada kompuetr lain, seperti di warnet dan tempat-tempat sejenisnya.  scan lah flasdisk dengan antivirus yang terpercaya dan terupdate agar file yang terpindai lebih bersih dari virus-virus baru yang mungkin sangat berbhaya.
  • biasakan agar selalu mencabut falshdisk dengan meng-eject atau stop dari komputer dan jangan langsung mencabut setelah pemakain tanpa melakukan eject terlebih dahulu.
  • sangat disarankan untuk membuat copy data atau backup data dari flashdisk anda . agar jika sewaktu-waktu file yang ada di flashdisk hilang atau diharuskan format maka anda tidak kehilangan file yg ada .
  • jangan terlalu sering mem-format flashdisk karna jika dilakukan berulang kali maka kemungkinan rusak pada sistem menyimpan juga akan terjdi.
  • cobalah sesekali memperbaikin system pada flashdisk dengan cara mendefragnya agar sruktur data dan kinerja system flashdisk lebih optimal.
  • jika ingin membeli flashdisk belilah dengan merk dan tempat yang terpercaya. tidak dianjurkan untuk membeli flashdisk bekas atau second karena hal itu dapat emmungkinkan flashdisk tsb sudah pernah mengalami kerusakan atau hal semacamnya kecuali dari orang yang dipercaya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: